01 August 2013

Tips Mudik Aman dan Menyenangkan

Wah, lebaran hampir tiba dan apa yang sudah dipersiapkan untuk menyambutnya, nih? Beli kue, baju baru atau mempersiapkan mudik? Hmmm, ngomongin lebaran di negara kita pasti ga lepas dari yang namanya 'mudik' atau pulkam alias pulang kampung, ya kan?

Mudik atau pulkam alias pulang kampung memang sudah jadi tradisi di negara kita. Lebaran adalah momen yang pas dan selalu dinantikan bagi mereka yang mudik untuk berjumpa dengan sanak saudara di kampung halaman. Nah, tentunya kita ingin mudik berjalan menyenangkan, kan? Oleh karena itu, saya akan memberikan tips mudik agar berjalan dengan menyenangkan dan aman, InsyaAllah.


1. Cek kendaraan  
  • Bagi yang membawa kendaraan pribadi, ini sangat penting dilakukan sebelum mudik. Bawalah kendaraan ke bengkel sebelum perjalanan mudik dilakukan, cek semua komponen, jangan sampai ada yang terlewat. Kendaraan dengan kondisi prima tentu akan meminimalisir kejadian-kejadian yang tak diharapkan di dalam perjalanan mudik.
2. Cek kondisi tubuh
  • Membawa kendaraan atau tidak, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan benar-benar fit.  Jangan sampai lagi dalam perjalanan mudik  tiba-tiba sakit perut dan kebelet ke belakang gara-gara sarapannya asinan minumnya coca-cola, bayangin aja, hahaha. Jadi, jaga juga makanan yang masuk perut sebelum mudik, ya.
3. Cek surat-surat penting
  • Surat-surat penting macam, KTP, SIM, STNK, penting untuk dibawa, karena itu adalah identitas diri. Jangan sampe lupa dibawa, bukan apa-apa, takutnya nanti diciduk Pol PP terus dibawa ke dinas sosial, yang ada, ga jadi mudik dah.
4.  Cek perlengkapan kesehatan
  • Perlengkapan di sini seperti, minyak angin, obat pusing, atau P3K. Jangan remehkan benda-benda itu, karena kita ga tahu apa yang akan terjadi. Siapa tahu aja di tengah perjalanan, tiba-tiba masuk angin, kan berabe tuh, so sediakan aja semua perlengkapan kesehatan yang dirasa diperlukan.
 5. Cek gadget
  • Wah, kalo yang satu ini mah, pasti ga lupa dibawa. Fungsi gadget yang semakin canggih dapat memudahkan perjalanan mudik. Fitur yang bermanfaat adalah GPS dan layanan informasi macam twitter, dll. Selain itu, tentu fungsi gadget adalah untuk menghilangkan kejenuhan di dalam perjalanan, tapi tentu harus bijak menggunakannya. Hindari penggunaan ketika sedang mengemudi, terutama bagi pemotor.

Yosh, itulah daftar checklist tips mudik aman dan menyenangkan yang kudu diperhatikan untuk kelancaran mudik teman-teman.Yah, gimana pun juga, kita cuma berusaha, semua yang menentukan segala kejadian hanyalah Allah SWT. So, hati-hati di jalan, dan semoga sampai tujuan!



Ati2 ketemu yang di atas nih!

 Penulis: Dik D.F / @arukido

Reactions:

0 comments:

Post a Comment