11 August 2013

Sisi Lain Sikap Memaafkan Dalam Kehidupan

Selamat Idul Fitri 1434 H, mohon maaf lahir batin ya teman-teman. Oke, kali ini saya mau posting tentang sisi lain sikap memaafkan dalam kehidupan, jadi langsung saja...

Sikap memaafkan merupakan perilaku yang terpuji dan disamakan dengan sikap seorang ksatria. Namun, sikap memaafkan memang bukan hal mudah, apalagi kalau pernah disakiti, dicubit, diselingkuhi atau dikerjain, rasanya memang kesel banget.

Memang bagi yang disakiti, rasanya dongkol dan bawaannya ingin balas dendam, tapi jangan seperti itu, karena memaafkan itu jauh lebih baik, terutama untuk diri sendiri. Selain memiliki manfaat, sikap memaafkan ternyata juga punya sisi lainnya, penasaran? cekidodododot.

1. Bahagia
    Ya, orang yang mudah memaafkan ternyata lebih bahagia, karena ia tidak memendam rasa amarah dan benci, sehingga perasaan lebih tenang dan pikirannya serta kelakuan akan selalu positif dan menghasilkan hal-hal positif, sehingga anak ABG tetangga pun ikutan positif (okeh, yang terakhir lupakan, XD)

2. Sehat
    Bersyukurlah jika mau memaafkan, karena amarah dan dendam akan menyebabkan tekanan darah serta jantung meningkat, akibatnya resiko terkena penyakit jantung akan menurun drastis. Selain itu, dengan memaafkan, Anda akan terhindar dari adu jotos, wajah tetap ganteng, gigi pun tetap utuh, dijamin, XD.

3. Penyayang
    Menjadi orang yang mudah memaafkan memang identik sebagai seorang penyayang. Ketika pacar selingkuh dan minta maaf, Anda pun memaafkan dan semakin menyayangi (perbuatan) dirinya. Begitu juga ketika ada orang lain menyakiti Anda, Anda pun akan lebih sayang kepadanya seperti, "Ya, sayang kenapa ga gue hajar," begitu kira-kira.

 4. Awet muda
     Sikap memaafkan dapat membuat awet muda. Ketika orang lain menyakiti Anda dan Anda memaafkannya, maka pikiran dan perasaan senantiasa tidak terbebani oleh dendam, amarah, dan sejenisnya yang dapat membuat Anda cepat tua. Kan ada tuh yang bilang, kalau marah-marah bisa cepat tua. Jadi, kalau mau awet muda ya woles aja, woles.

5. Disukai
    Orang dengan sikap memaafkan lebih disukai banyak orang. Ketika pacar selingkuh dan dimaafkan, maka ia akan semakin menyukai Anda, karena Anda pasti akan memaafkannya lagi ketika ia selingkuh kembali. Selain itu, Anda akan mudah dikerjai dan dimanfaatkan orang lain, karena mereka tahu Anda adalah seorang pemaaf, XD.

6. Mental baja
    Mudah memaafkan dapat membuat seseorang memiliki mental baja, tidak percaya? Lihat saja para pengamen jalanan, pengemis, dan sejenisnya. Ketika mereka hanya mendapat kata 'maaf' dari 'calon customer', mereka memaafkan Anda dan pergi ke 'calon customer' lainnya tanpa mengenal menyerah.
Atau seorang pejuang cinta yang selalu mendapat kata 'maaf' dari gebetan-gebetannya, ckckck. You know what i mean, XD.

7. Panjang umur
    Sikap memaafkan dapat membuat hidup Anda atau orang lain lebih lama. Anda tidak akan berpikir untuk balas dendam dengan mengupload foto pacar Anda ketika buang air di sungai ke facebook atau jejaring sosial lainnya. Ketika hal itu terjadi, hanya ada dua kemungkinan, Anda dibunuh pacar Anda atau pacar Anda bunuh diri karena tidak kuat dibully oleh teman-teman sepermainannya.

8. Bisa kaya mendadak
    Ketika Anda (tidak) sengaja dilukai orang lain, seperti ditabrak dari belakang, didorong ke dalam jurang, dll, bukan tidak mungkin mereka akan memberi kompensasi berupa uang, kendaraan, dan sejenisnya kepada Anda karena Anda memaafkan perbuatan mereka.

Ya, itulah sisi lain sikap memaafkan dalam kehidupan manusia yang penuh lika-liku. Apapun yang terjadi, jaga diri Anda baik-baik, salam!

Quote of the Day:
Balaslah orang yang menyakitimu dengan senyuman, tetapi...

lanjutannya
...... setelah kau menghajarnya

Hahaha, quote-nya jangan dianggap serius...


Penulis: Dik D. F. / @arukido
 

Reactions:

2 comments: