27 March 2010

Densha!!! Naik Kereta Di Jepang!!!

Jepang, sebuah negara yang terletak di Asia Timur, merupakan negara dengan alat transportasi utama berupa kereta. Yap!!! Jepang adalah negara yang penduduknya akrab sekali dengan perkeretaapian. Kemana-mana mereka menggunakan kereta. Stasiun disana juga dibangun berdekatan dengan area publik dan mudah dijangkau.


Stasiun
Setelah sampai di stasiun, kesan yang pertama adalah bersih dan tentunya ramai oleh orang yang berlalu-lalang, apalagi pada jam pulang kerja. Disana juga terdapat kios-kios pedagang, seperti di Indonesia tapi lebih teratur dan bersih. Pintu masuk berupa tangga atau eskalator.



Di sana juga terdapat mesin otomatis untuk membeli karcis, jadi ga usah beli lewat loket lagi, canggih ya???? Oh ya sebelumnya kalau bingung cari tempat penjual karcis otomatis, bisa nanya dengan petugas yang ada atau bila melihat ada peta jalur kereta sekaligus tarifnya, nah dibawahnya itu mesin penjual karcisnya. Sistem tarif dihitung berdasarkan stasiun keberangkatan dengan stasiun tujuan.

Cara beli karcisnya gimana???

Sediakan uangnya, lalu masukkan uangnya ke mesin (jangan ke mulut!), lalu sentuh harga karcisnya di layar (layar sentuh soalnya), lalu muncul deh karcisnya, langsung ambil dan menuju peron.

Mesin Karcis:

 
sumber gambar: http://neilduckett.com

Oh ya yang terpenting dalam membeli karcis, jangan sampe ngutang, ga akan keluar nanti karcisnya, hahaha

Selanjutnya gunakan karcis yang tadi dibeli ke gerbang karcis, tujuannya untuk membuka gerbang menuju peron. Setelah itu akan keluar lagi karcisnya, langsung ambil jangan sampai lupa karena akan digunakan di stasiun selanjutnya, tujuannya sama yaitu untuk membuka gerbang peron disaat akan keluar.

Gerbang Menuju Peron (masukkan karcisnya di sini):


sumber gambar: http://junantoherdiawan.com


Kereta

Hmmmm, pasti kereta di Jepang kondisinya bagus-bagus deh? Yoi, kereta di Jepang kondisinya tampak bersih. Keretanya juga nyaman.

Keretanya:






Dan yang harus diingat adalah jadwal kedatangan kereta api disana sangat tepat, kalau telat ya kereta lewat! Semua sesuai jadwal yang tertera.



Untuk interior kereta api komuter (semacam KRL disini) sama seperti yang kita lihat pada umumnya pada KRL ekonomi AC atau Ekspress di Indonesia. Didalamnya juga ada tempat duduk untuk para orang tua, wanita hamil, orang cacat dan yang menggendong anak balita.

interior:





Kereta di Jepang umumnya penuh sesak pada jam sibuk, seperti jam pergi Kerja atau jam pulang kerja.

penuhnya ampuuuun!!!: 



kalo di Indonesia:



Kereta Shinkansen

Kereta Shinkansen (新幹線, juga sering dipanggil kereta peluru) merupakan kereta api jalur cepat di Jepang. Kereta ini biasa digunakan untuk perjalanan luar kota. Kecepatan kereta ini dapat mencapai 300 Km/jam.

Sebenarnya nama Shinkansen itu merujuk kepada jalur operasinya bukan pada nama keretanya, namun masyarkat telah akrab dengan nama Shinkansen yang merujuk kepada keretanya.

Shinkansen Train:




Dalamannya:


Eits, selain itu ada juga loh larangan-larangan yang harus dipatuhi para penumpang, tak terkecuali, apa aja sih?

Liat nih:


Lucu





Kelihatannya asyik ya naik kereta di Jepang...


Nah, begitulah kondisi kereta api di Jepang, semoga penulis dan yang membaca mendapatkan kesempatan untuk merasakan nikmatnya naik kereta di Jepang, amin....

Sumber:
dari berbagai sumber

Reactions:

1 comment:

  1. Mas, klo misal kita ketinggalan jam kereta ntar bisa nunggu kereta selanjutnya di jalur yg sama kan? Kyk misalnya kereta di singapore & thailand yg dateng bberapa menit sekali dng tujuan yg sama.. Thx

    ReplyDelete