01 September 2013

Bahaya Spam Pada Email

Setelah sebelumnya saya memposting cara menghindari spam, sekarang saya jelaskan bahaya spam dan mengapa harus dihindari. Inilah alasan spam itu berbahaya:

  1. Spam akan membuat inbox email Anda penuh sehingga tanpa disadari dapat membuat Anda bingung, mana email asli, mana email palsu. Karenanya, spam dapat membahayakan urusan Anda.
  2. Akun Anda bisa saja dibajak. Oleh karena itu, jangan sembarangan mengklik link yang disertakan di dalam email spam.
  3. Penyebaran virus. Spam bisa saja menjadi media yang menyebarkan virus ke dalam komputer Anda, lalu mencuri data-data penting, termasuk identitas pribadi untuk disalahgunakan.
  4. Kena penipuan. Terjadi ketika Anda terkena bujuk rayu dan memercayai isi dari spam tersebut. Biasanya, isi dari spam ini berisi pernyataan anda jadi pemenang suatu kuis atau Anda terpilih sebagai ahli waris seseorang. Kemudian Anda mengisi data-data pribadi Anda, lalu kena deh jadi korban spam. Mereka bisa memanfaatkan data-data pribadi Anda untuk kepentingan mereka sendiri, tetapi atas nama Anda (Email spam berbahaya seperti ini biasanya mengatasnamakan negara Nigeria, entah benar atau tidak, pokoknya jangan percaya!)
Ya, itulah bahaya-bahaya spam yang secara otomatis masuk ke dalam email Anda, karena itu aktifkan spam filter pada email Anda.
 
penulis Dik D.F./@arukido

Reactions:

0 comments:

Post a Comment