05 September 2013

Cara Menghilangkan Insomnia

Insomnia atau gejala susah tidur memang menyebalkan, apalagi jika Anda harus beraktifitas pada keesokan harinya. Gangguan kesehatan yang kerap kali dialami orang-orang perkotaan ini dapat mengganggu aktifitas sehingga bekerja pun menjadi kurang optimal karena rasa kantuk yang masih ada.

Insomnia memang tidak timbul secara langsung, melainkan ada pemicunya. Selain jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur, masalah psikologis seperti stress, galau, cemas, adalah faktor yang memicu terjadinya gejala insomnia.

Insomnia sering dianggap gejala yang biasa, padahal insomnia dapat menjadi masalah yang cukup serius jika tidak segera diatasi. Masalah akan menjadi lebih serius ketika penderita insomnia memilih jalan instan untuk menghilangkan gejala insomnia, seperti dengan meminum obat-obatan seperti pil tidur. Ketergantungan pil tidur yang berisi bahan-bahan kimia akan memicu efek samping yang lebih parah.

Oleh karena itu, harus segera diatasi sebelum menjadi kebiasaan yang membahayakan kesehatan. Berikut beberapa cara menghilangkan insomnia:
gejala insomnia

1.    Minuman yang mengandung kafein dapat membuat  Anda terjaga dan menghilangkan rasa kantuk. Perlu beberapa jam untuk menghilangkan kafein dari tubuh, karenanya hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, soft drink, dan teh pada sore hari.

2.    Hindari begadang dan tidur larut. Kebiasaan begadang dan tidur larut akan mengubah jam biologis. Jam biologis akan memprogram bawah sadar Anda untuk tidur sesuai dengan kebiasaan Anda sendiri. Perlu pembiasaan yang disiplin untuk mengubah jam biologis Anda.

3.    Hindari memegang gadget setiap akan pergi tidur. Anda akan tergoda dengan gadget yang Anda pegang dan tanpa sadar Anda akan terus berinteraksi dengan gadget itu sampai melewati tengah malam.

4.    Hindari pikiran-pikiran yang menyebabkan Anda stress. Berdoalah sebelum akan tidur dan tenangkan diri Anda dengan cara relaksasi atau olah pernafasan untuk mengalihkan pikiran-pikiran yang mengganggu.

5.    Berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur. Jogging pada pagi hari adalah olahraga yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

6.    Membaca buku setengah jam sebelum tidur dapat membuat Anda lelah dan menimbulkan rasa bosan sehingga Anda akan cepat mengantuk.

7.    Minum segelas susu putih hangat dapat membuat Anda merasa lebih rileks. Kandungan serotonin di dalam segelas susu dapat menimbulkan rasa nyaman yang kemudian menimbulkan rasa kantuk. Selain itu, hormon yang mengatur jam biologis, melatonin, akan bereaksi dan menyebabkan Anda ingin segera terlelap.

8.    Hindari terlalu banyak minum air putih sebelum pergi tidur, karena akan membuat Anda  buang air kecil pada tengah malam hingga rasa kantuk hilang, akibatnya Anda tidak bisa tidur kembali.

Selain cara-cara di atas, kedisiplinan dan kemauan menentukan usaha Anda untuk menghilangkan gejala insomnia.




diolah dari berbagai sumber

penulis: Dik D.F/@arukido

Reactions:

1 comment:

  1. Saya biasanya, kalau ngilangin insomnia ngitung kambing..

    ReplyDelete