02 April 2010

Tips Menghemat Uang

Mau bagi-bagi tips dalam menghemat pengeluaran nih, kali aja bermanfaat. Oke simak tipsnya dibawah ini, kencangkan sabuk pengaman anda dan tarik nafas dalam-dalam, jangan lupa berdoa, hehehe...

1. Yang pasti kalau kamu sudah memegang uang, apalagi berlembar-lembar uang kertas yang gambarnya presiden Soekarno dan Moh. Hatta, wah, pasti bawaannya pengen belanja aja. Pengen beli ini, pengen beli itu, ga ada habisnya. Stop perasaan itu!!!! Ini langkah awal dalam menghemat uang loh, tanamkan di dalam pikiran kamu bahwa kamu harus berhemat, hemat, hemat demi masa depan. Nah, dengan begitu kamu akan bisa menjaga nafsu kamu untuk membuang-buang uang untuk hal yang tak penting. Pikirkan juga seandainya kamu kehabisan uang dan tiba-tiba ada keperluan yang sangat mendesak untuk dibeli.


mau beli apaaa????

2. Sederhana. Kalau kamu sudah menerapkan gaya hidup sederhana (saya banget, hehe)pastinya kamu akan segan untuk hidup boros, coba aja, dan hal ini perlu pembiasaan, maka dari itu biasakanlah hidup sederhana.

3. Bawa bekal makan dan minum dari rumah. Nah kalau kamu masih sekolah atau kuliah, kerja juga deh, kamu bisa menghemat pengeluaran kamu. Dengan membawa bekal, uang kamu jadi awet dan bisa ditabung deh. Harga makanan di kantin kan bisa dibilang lumayan, misalnya satu porsi nasi dengan soto ayam harganya Rp. 8000, kalikan dengan sebulan (30 hari), wah sudah 240.000 untuk makan aja, coba bawa bekal, hmmmm, lebih hemat.



4. Buat para perokok nih, hentikan kebiasaan merokok anda, merokok sama dengan menmbakar uang, kan sayang uang dibakar mendingan ditabung aja, selain itu ya badan rusaklah karena merokok (berlaku juga untuk para peminum miras dan hidung belang).

5. Berhemat dalam pengeluaran bualanan. nah ini juag penting, mulai sekarang berhematlah pemakaian listrik, air, telefon di rumah anda. Hal ini akan berefek terhadap iuran yang harus dikeluarkan setiap bulannya, semakin kita hemat dalam pemakaian listrik, air, telefon, dan lain-lain, maka akan semakin kecil pengeluaran kita untuk itu semua.



6. Olahraga murah. Nah yang ini buat kamu yang hobi ngegym (ngejim), ganti olahraga yang murah aja, misalnya push up, sit up yang gratis dan bisa dilakukan di rumah sendiri. Joging di komplek perumahan juga asik, selain bisa bersosialisasi dengan tetangga (apalagi kalau joging bareng pacar) , yang pasti bisa menyehatkan tubuh.



7. Sarana transportasi. Agar lebih hemat gunakan angkutan umum, seperti bis, angkot, itu lebih hemat dibandingkan naik taksi atau sejenisnya. Atau gunakan saja sepeda (bike to work) bila sekolah, kampus atau tempat kerja kamu bisa dijangkau dengan sepeda, selain murah dan sehat, bisa mengurangi polusi udara juga. Memakai sepeda motor sendiri juga lebih hemat dibandingkan naik transportasi umum.



Nah itu beberapa tips dalam menghemat uang, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

sumber:
pengalaman sendiri dan berbagai sumber lainnya.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment