02 April 2010

Cuci Tangan Cegah Penyakit

Ayo, cuci tangan dulu!!! Itulah yang biasa diteriakan oleh ibu saya sewaktu saya masih kecil dulu, sekarang juga masih sih hehehe...

Hmmm, kenapa sih harus cuci tangan dulu kalau mau makan? Begini, cuci tangan itu masalah sepele, tinggal buka keran air, lalu cuci tangan kita memakai sabun. Tapiiii, manfaatnya sungguh besar ternyata.



Apa sih manfaatnya?
Setelah kita memegang sesuatu tentu tangan kita akan kotor meski secara kasat mata tangan kita terlihat bersih. Nah setelah memegang sesuatu (entah apa itu) banyak kuman yang menempel di tangan kita, mereka akan terbawa ke dalam tubuh kita kalau kita tak mengusir mereka dengan mencuci tangan. Siapapun, bukan anak kecil aja yang harus mencuci tangan.

Biang keladi penyakit
Seperti kita ketahui, tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda di sekitar kita, yang belum tentu terjamin kebersihannya. Nah, dengan mudah pula, kuman menempel di tangan kemudian berpindah ke tempat lain. Entah karena kita kemudian memegang benda lain atau bahkan menyentuh bagian tubuh kita sendiri.

Anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan tangan adalah mulut dan hidung. Alhasil, tangan yang kotor menjadi salah satu penghantar utama masuknya kuman/mikroba penyebab penyakit ke dalam tubuh. Sementara mulut dan hidung merupakan pintu masuk kuman ke dalam tubuh. Celakanya, anak kecil amat suka memegang berbagai benda bahkan memasukkan tangan atau benda apa saja ke dalam mulut mungilnya.
Banyak penyakit yang ditularkan melalui tangan, antara lain, influenza, meningitis, hepatitis a, diare, penyakit kulit, dan gangguan usus. Pada banyak kasus, anak yang menderita diare akut, bisa berujung pada kematian. Asal tahu saja, jika tangan manusia menyentuh tinja, maka akan terkontaminasi dengan lebih dari 10 juta virus dan satu juta bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.
Jadi, tak bisa ditawar lagi, cuci tangan secara benar dengan menggunakan sabun, amat besar manfaatnya demi menjaga kesehatan bahkan nyawa si kecil.

Cara tepat cuci tangan

1. Cuci tangan dengan air (akan lebih sempurna jika airnya hangat) yang mengalir dan gunakan sabun cuci. Tak perlu harus sabun khusus antibakteri, namun lebih disarankan sabun yang berbentuk cairan.
2. Gosok tangan setidaknya selama 15-20 detik.
3. Bersihkan bagian pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku.
4. Gunakan tisu/handuk sebagai penghalang ketika mematikan keran air karena bagian itu sudah menjadi kotor saat anda membuka/memutarnya ketika akan mencuci tangan.

Kapan waktu yang tepat untuk cuci tangan?

1. Yang pasti sebelum makan dan memegang makanan serta menyiapkan makanan.
2. Sesudah BAB (buang Air Besar) juga setelah buang air kecil, setelah bersin, setelah buang ingus juga, hehe (serius).
3. Setelah beres-beres rumah, seperti menyapu, mengepel, cuci piring, cuci baju, dan aktifitas bersih-bersih lainnya.
4. Setelah keluar dari rumah, misal sehabis belanja di warung, memegang uang, naik angkutan umum.
5. Sebelum dan sesudah memegang bayi.
6. Sesudah memandikan atau menceboki anak.
7. Setelah beraktifitas, seperti ngeblog, main game, kerja, dan lain-lain.



Sip, oke kalau begitu, semoga tips ini bermanfaat bagi anda semua, terima kasih telah menyempatkan diri untuk berkunjung...

Vielen Dank!!!!

sumber:
http://kerockan.blogspot.com
http://female.kompas.com
dan berbagai sumber lainnya

Reactions:

0 comments:

Post a Comment