09 October 2013

Vocaloid, Berkreasi Dengan Software Voice Synthesizer

Vocaloid, sebuah software musik besutan Yamaha Corp. Perangkat lunak ini memungkinkan untuk menyanyikan sebuah lagu tanpa vokalis asli/manusia. Dengan soundbank yang telah terintegrasi di dalamnya,  seorang produser lagu dapat memanfaatkannya untuk menyanyikan lagu yang dibuatnya. Ini sangat berguna bagi produser musik yang tidak punya vokalis, XD.

Mungkin, sebagian dar kita sering mendengar tokoh bernama Hatsune Miku. Nah, Hatsune Miku dapat dikatakan telah menjadi ikon dari Vocaloid itu sendiri, meski banyak tokoh-tokoh Vocaloid lain seperti, Meiko, Kaito (V1), Megurine Luka, Kagamine Rin & Len, dll.

Tokoh-tokoh tersebut memiliki ciri khas suara tersendiri, misalnya Meiko (Vocaloid 1) memiliki ciri suara yang dewasa dan cocok untuk lagu-lagu patah hati, XD. Atau Kagamine Rin & Len, cocok untuk lagu-lagu ceria.

Kepopuleran Vocaloid dan tokoh-tokohnya dapat dikatakan sudah mendunia. Otaku dan song producer mana yang tidak tahu Vocaloid? Rasanya kuper kalau tidak tahu, XD.

Sampai sekarang, Vocaloid sudah sampai versi 3 dengan tokoh-tokoh baru dan suara yang lebih bagus.

Nah, saya baru aja bikin lagu singkat pakai Vocaloid3 untuk temen yang lagi ultah kemarin, ya sekalian ngeledek kalau dia tambah tua, XD

Sekalian ngasah skill gambar juga, XD

Namanya 2.99, soalnya itu IPK terakhir saya, XD

Ini link youtube-nya

http://www.youtube.com/watch?v=XaxeaFPGelk 


penulis: Dik D.F/@arukido





Reactions:

0 comments:

Post a Comment