27 July 2013

Sedekah, Ketika Kita Memberi Sekaligus Menerima

Jika memberi, bertambah
Jika memberi, makin bertambah
Jika memberi, malah semakin bertambah
Jika memberi, semakiiinnnn berlimpah
Apakah itu?

Ya, sedekah atau bahasa kerennya, giving. Sedekah yang dapat diartikan juga dengan berbagi ini adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Dalam surat Surah Al Baqarah, ayat 245:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), MAKA ALLAH MELIPAT GANDAKAN PEMBAYARAN KEPADANYA DENGAN LIPAT GANDA YANG BANYAK. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.
 
Allah akan mengembalikan harta yang disedekahkan berkali-kali lipat. Jadi, tidak perlu ada keraguan untuk menyedekahkan harta yang dimiliki, apalagi harta yang dicintai.

Sehubungan dengan hal itu, Allah berfirman dalam surah  Surah Al Baqarah, ayat 261:

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Bahkan Allah akan mengganti sedekah kita dengan 700x lipatnya! Ini Allah lho yang bicara. Jadi, tidak perlu ada keraguan untuk menyedekahkan harta yang dimiliki, apalagi harta yang dicintai.

Berikan sedekah dengan sebenar-benarnya sedekah, yaitu dengan harta yang kita cintai, karena itu sebagai bukti bahwa kita percaya padaNya. Logika tak akan bicara, melainkan iman. Tidak perlu tunggu kaya, tetapi bersedekahlah, maka kita akan kaya.

Jadi, tidak perlu ada keraguan untuk menyedekahkan harta yang dimiliki, apalagi harta yang dicintai.

Dilihat dari sudut pandang pribadi, sedekah itu adalah amalan yang melingkupi hubungan manusia dengan Allah dan hubungan manusia dengan manusia. Ketika kita berbagi dengan mereka yang membutuhkan, maka kita telah menolong mereka, juga sekaligus berinteraksi dengan Allah dan mendapat pertolonganNya. Temukan Allah di hati yang hancur, temukan Allah di tangisan mereka, temukan, lalu berbagilah, semoga Allah memberikan kesejukan dan kelembutanNya kepada kita.

Jadi, yuk, temukan orang-orang yang membutuhkan, lalu bersedekahlah kepada mereka.







Reactions:

0 comments:

Post a Comment