23 July 2013

Beberapa Cobaan Berat di Bulan Puasa

Hai hai hai, ketemu lagi sama saya, gimana puasanya? Udah pada jebol berapa nih yang cowo2? Yang cewe mah ga usah ditanya, hahaha.

Kembali lagi saya berposting di blog yang bikin betah ini, haha. Kalo orang-orang rame posting soal jajanan, tips berpuasa, ibadah-ibadah di bulan puasa, nah sekarang saya mau coba posting cobaan-cobaan yang menggoda iman atau jalannya puasa temen2, hahaha. Yuk, kita simak...


1. Marah
    Nah ini dia ada si Amara(h) yang sering menghinggapi diri. Si amarah ini bisa datang kapan dan di mana  saja. Siapa pun kalau udah kena cobaan si amarah, rasanya pastiii gregetan.

  • Penyebab:  Hal-hal yang menyebalkan dan membuat marah (ya iyalah), seperti dilempar petasan, disangka maling, disalip Optimus Prime, dibohongin, dicubit, ban motor kena santet (kena paku maksudnya, :p), ban kereta kempes jadinya mogok, dll.
  • Solusi: Sabar, namanya juga cobaan.
 
2. Mupeng
    Siapa yang ga pernah mupeng? Haha, kalau kepengen banget sesuatu kayanya udah termasuk mupeng yah, namanya juga cobaan. Mupeng alias Muka Kepengen ini adalah cobaan yang wajar, tapi dianggap aneh sama orang. Ya gimana ga aneh kalo mupengnye sambil melet2 kaya si doggy. Pernah kan kalo lagi kehausan banget, terus liat minuman dingin yang berwarna-warni di dalem kulkas? Rasanya gimana? Yap, pasti ngiler alias mupeng, hahaha. Cobaan ini juga sering diidap oleh mas-mas yang ngeliat mba-mba cantik nan seksi, haha.
  • Penyebab: Simpel aja, penyebabnya adalah keinginan yang belum sampai.
  • Solusi: Sabar dan jaga mata, namanya juga cobaan.


3. Gosip
    Gosip alias ngomongin orang lain adalah hal yang dianggap biasa, apalagi kalau emak-emak lagi ngumpul, beuh, si A begini, si B begitu. Nah, gosip kan termasuk ghibah yang membuat pelakunya berdosa. Oleh karena itu, hindarilah bergosip ketika berpuasa atau kapan pun, dobel ruginya, dosa iya, pahala puasa pun hilang.
  • Penyebab: Ada pemicu di dalam kelompok pembicaraan.
  • Solusi: Sabar, ingatkan dan cegah dari ngomongin orang ketika sedang ngobrol, ini cobaan yang paling ga asik.


4. Pacaran
    Yeah, ini sering banget terjadi. Biasanya kalo lagi ngabuburit sore-sore, banyak orang yang memanfaatkannya untuk ngajak pacarnya masing2. Apalagi kalo weekend. Kalo udah berduaan, pegangan tangan pasti dong? Masa iya, mentang2 lagi puasa, tuh tangan dimasukin ke dalem celana biar ga pegang2an? Haha, jangan sampe puasanya SMPB deh, SPMB? Iya, Siang Puasa Malam Bermaksiat, wkwkwkw. Sayang dong udah nahan laper sama haus, masa pahalanya berkurang cuma gara2 pacaran.
  • Penyebab: Punya pacar, pacaran, ada kesempatan.
  • Solusi: Sabar, putusin pacarnya, jangan pacaran karena cobaan ini nyerempet yang enak-enak, haha.


5. Bohong
    BOHONG, terdengar simpel, tapi sangat berbahaya. Orang yang sering bohong adalah orang yang tidak jujur, entah apa motifnya dan tidak tahan tergadap cobaan. Kalaupun keceplosan, istighfar aja, Insyallah belum dicatat malaikat Atid.
  • Penyebab: Ada hal yang disembunyikan, ingin eksis, dll
  • Solusi: Jujur dong!


Sooooo, kesimpulannya dari cobaan-cobaan di atas adalah, jaga hawa nafsuuuuuuuuuuuuuu.....





Sumber: Pengalaman Pribadi (tapi gambar paling bawah bukan, hahaha)




Reactions:

0 comments:

Post a Comment