Line merupakan aplikasi messenger dari Asia yang kemungkinan akan menyaingi Whatsapp. Line yang berbasis di Jepang ini menyedot pasar pengguna smartphone di Asia dengan jumlah yang hampir mengalahkan pengguna Whatsapp.
1. NHN Corp. asal Korea Selatan adalah pembuat Line, tetapi diluncurkan oleh NHN cabang Jepang pada 23 Juni 2011 setelah musibah gempa bumi Jepang.
2. Nama Line terinspirasi dari antrian di telepon umum setelah musibah gempa terjadi.
3. Server Line pernah mengalami gangguan akibat overload pengguna.
4. Didesain untuk Android dan iOS, kemudian berekspansi ke Windows Phone dan PC.
5. Pada akhirnya keluar versi BlackBerry (Oktober 2012) dan Nokia Asha (Maret 2013).
6. 74 juta pengguna Line tercapai pada bulan November 2012, hingga tembus ke angka 150 juta pengguna pada bulan Mei 2013 dan kini menncapai angka 230 juta pengguna secara global.
7. Negara Asia, termasuk Indonesia adalah pengguna terbanyak Line.
8. Terdapat 14 juta pengguna Line di Indonesia, sedangkan di Jepang sendiri mencapai 40 juta pengguna.
9. Kecerdikan produsen Line dalam memanfaatkan sticker virtual menjadikan Line memiliki daya tarik tersendiri.
10. Dari penjualan sticker saja, Line mendapat sekitar 1 milliar yen per bulannya.
11. Selain sticker, game turut menyumbang pendapatan Line sekitar 2 milliar yen per bulannya.
12. Line Pop dan Line Bubble adalah dua game terpopuler Line.
13. Line yakin dapat mengalahkan Whatsapp.
Sumber referensi:
-kaskus.com
-Detik.com
-line.naver.jp
Penulis: Dik D.F./@arukido
0 comments:
Post a Comment